Top 3 Tekno Berita Kemarin: Sederet Efek Siklon Tropis, Merapi, Varian Omicron

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Sabtu 4 Desember 2021, didominasi berita-berita dari rubrik lingkungan. Dua dari Top 3 Tekno itu adalah tentang siklon tropis dan aktivitas erupsi Gunung Merapi.

Yang pertama membeberkan sederet efek siklon tropis yang dekati wilayah Indonesia, termasuk di antaranya adalah bencana banjir. Sedang artikel dari Merapi mengirim perkembangan terkini mengenai hujan abu awal Desember dan banjir lahar yang sudah mulai terjadi di sana.

Berita terpopuler ketiga adalah berita terkini Covid-19 varian Omicron di Afrika Selatan. Otoritas kesehatan setempat mengatakan virus varian baru telah berkembang cepat menjadi yang dominan di antara lonjakan tajam kasus positif Covid-19.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Sabtu 4 Desember 2021, selengkapnya,

1. Sederet Efek Siklon Tropis yang Dekati Wilayah Indonesia: Awas Banjir

Siklon tropis adalah suatu jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum pada daerah tropis. Dia merupakan salah satu bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer.

Siklon tropis tumbuh subur di wilayah barat laut Samudra Pasifik, wilayah tenggara Samudra Hindia, dan perairan barat Australia. Sekalipun tidak dilintasi, Indonesia adalah salah satu wilayah yang sering mendapatkan imbasnya.

Lalu, apa dampak siklon tropis bagi wilayah Indonesia? Mengutip dari web.meteo.bmkg.go.id, Jumat, 3 Desember 2021, siklon tropis dapat memberi dampak yang destruktif.

2. Awal Desember, Hujan Abu dan Banjir Lahar dari Puncak Merapi

Hujan abu dari aktivitas erupsi Gunung Merapi masih terjadi hingga awal Desember 2021 ini. Terbaru adalah pada Rabu, 1 Desember, lalu ketika Merapi mengeluarkan dua kali awan panas guguran dalam waktu berdekatan ke arah barat daya dengan estimasi jarak luncur maksimal 3.000 meter.

Data Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menunjukkan hujan abu tipis menyelimuti lereng sisi timur-tenggara Gunung Merapi atau wilayah Jawa Tengah. “Wilayahnya mencakup Mriyan, Sangup Tamansari Kabupaten Boyolali, dan Gedongijo Kabupaten Klaten,” kata Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, Jumat 3 Desember 2021.

Hanik menuturkan, berdasarkan catatan aktivitas Gunung Merapi sepekan dari 26 November sampai 2 Desember lalu, guguran lava terjadi sebanyak 170 kali ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter. Intensitas tersebut diikuti adanya penurunan tinggi kubah Merapi sisi barat daya sekitar dua meter.

3. Terkini dari Afsel, Varian Omicron Dorong Lonjakan Tajam Kasus Covid-19

Virus corona varian Omicron mendorong peningkatan tajam kasus baru Covid-19 di Afrika Selatan. Otoritas kesehatan setempat menyatakan, SARS-CoV-2 varian terbaru itu telah dengan cepat menjadi yang dominan di negaranya.

Sepanjang Kamis 2 Desember 2021, Afrika Selatan melaporkan sebanyak 11.535 kasus baru, atau meningkat dari 8.561 kasus pada Rabu. Kasus baru pada Rabu itupun telah hampir dua kali lipat daripada hari sebelumnya. Proporsi kasus positif dari total hasil tes (positivity rate) melompat dari 10,2 persen pada Selasa menjadi 16,5 persen pada Rabu.

“Ada indikasi yang kuat, lonjakan kasus yang terjadi bukan semata karena penambahan jumlah testing,” bunyi pernyataan National Institute for Communicable Diseases (NICD) Afrika Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.