Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Seiring berjalannya waktu, anak anda mungkin telah mencapai usia 1 tahun. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anak menginjak usia tersebut.

Anda harus memperhatikan setiap perkembangannya lalu melakukan evaluasi dari apa yang anda lihat.

So, apa saja sih perkembangan anak usia 1 tahun. Sudah bisa melakukan apa saja anak seusia tersebut. Berikut penjelasannya.

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Di usia 1 tahun, akan terlihat progres tentang kemampuan anak anda dalam hal gerakan, komunikasi, kognitif dan juga kelincahan.

  1. Belajar Berjalan

Anda mungkin akan melihat anak anda sudah bisa berdiri secara sendiri atau bahkan mulai belajar untuk berjalan.

Hal ini dimungkinkan kerena kekuatan tulang anak sudah semakin kuat sehingga bisa menopang berat badan tubuhnya, ini akan membuat bayi semakin lincah dan aktif bergerak.

  1. Respon Ucapan

Selain dalam hal gerakan, anak usia 1 tahun juga akan memiliki perkembangan dalam hal komunikasi. Ia mungkin akan banyak berceloteh ataupun berbicara dengan bahasanya, bahasa yang tentu saja tidak akan anda mengerti sendiri.

Adapun, di usia ini biasanya juga anak sudah bisa mengucapkan beberapa kata pendek dan sederhana seperti misalnya papa, mama. Anda bisa mengajarkannya kosakata kosakata tertentu untuk Ia belajar ucapkan.

  1. Keaktifan

Anak usia 1 tahun juga akan mulai sangat aktif bergerak, jika anda memberinya 2 benda yang berbeda, ia mungkin akan membentur benturkan benda tersebut untuk mengeluarkan bunyi.

Selain itu, anak anda juga mungkin akan mulai bisa memakan makanannya secara mandiri, walaupun tentu saja biasanya akan belepotan dan membuat meja makannya berantakan tak karuan.

  1. Perkembangan Emosi

Dari sisi emosi, anak 1 tahun sudah mulai mengerti keadaan disekitarnya. Ia mungkin akan sedih atau menangis ketika misalnya ditinggal Ayah Ibunya ke kantor.

Selain itu, ia juga biasanya akan merasa takut atau gugup ketika berhadapan dengan orang yang baru ia temui.

Sebaliknya, ia akan memiliki rasa cinta dan kedekatan dengan orang orang yang sehari hari bersinggungan dengannya, entah itu orang tua, kakek nenek ataupun orang lain disekitar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.