Manfaat dari Laporan Arus Kas Bagi Sebuah Perusahaan

Laporan arus kas atau dikenal juga dengan nama cash flow statement merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Laporan arus kas tersebut tidak hanya dijadikan sebagai indikator mengenai bisnis sehat atau tidak, melainkan masih terdapat beberapa manfaat lain dan juga tidak kalah penting bagi bisnis Anda.

Di dalam mempelajari arus kas tersebut Anda perlu memahami apa itu arus khas lebih dahulu. Maka dari itu dalam uraian di bawah ini akan dipelajari secara lebih menyeluruh lagi mengenai laporan arus kas.

Apa Manfaat dari Laporan Arus Kas Bagi Sebuah Perusahaan?

 

Laporan arus kas mempunyai peranan yang begitu penting di dalam bisnis, tidak hanya bagi seorang akuntan bisnis saja, tapi juga sebagai seorang pebisnis Anda di sini perlu untuk memahami laporan arus kas. Laporan kas itu sendiri adalah perincian yang mana menunjukkan pemasukan ataupun pengeluaran kas di sebuah perusahaan dalam periode tertentu.

Sebuah perusahaan yang baik tentunya mempunyai laporan uang kas yang sangatlah lengkap. Melalui laporan tersebutlah nantinya Anda bisa melihat mengenai apa saja yang di sini Anda ingin ketahui. Tidak hanya terbatas pada pendapatan dan pengeluaran saja, melainkan di sini ada hal lain yang dapat Anda ketahui melalui laporan tersebut.

Oleh karena itulah, bagi perusahaan sangat wajib untuk mempunyai sebuah laporan yang berisi arus kas di dalam perusahaan mereka. Berikut ini beberapa tujuan pembuatan laporan arus kas yang penting untuk Anda ketahui.

Untuk Informasi Pengeluaran dan Pendapatan

Laporan uang kas di sini disajikan sesuai dengan prinsip standar akuntansi keuangan, di mana laporan tersebut berisi mengenai pengeluaran dan pendapatan.

Dasar di Dalam Pengambilan Keputusan

Laporan arus kas berisi mengenai beberapa aspek penting yang di sini mempengaruhi pengambilan sebuah keputusan. Maka dari itulah, pemimpin perusahaan perlu dan wajib melihat laporan arus kas yang bisa membantu dalam membuat sebuah keputusan.

Untuk Melihat Kemampuan Perusahaan di Dalam Aspek Operasional

Laporan arus kas akan membantu Anda dalam mengetahui lebih dalam lagi mengenai kemampuan perusahaan di dalam membayar aspek operasional seperti contohnya membayar kewajiban perusahaan serta membayar dividen.

Pemeriksa Hubungan Antar Pos

Di dalam sebuah perusahaan nantinya akan terdapat banyak sekali pos maupun divisi. Nantinya Anda dapat melakukan pengecekan melalui laporan uang kas tanpa di sini perlu merasa kesulitan untuk mengecek tiap aspek satu persatu.

Kemampuan Perusahaan untuk Menghasilkan Arus Kas

Laporan arus kas di sini juga akan membantu bagi bisnis dalam mengetahui kemampuan mereka di dalam menghasilkan arus kas. Maka dari itulah, penting untuk tiap perusahaan agar mempunyai laporan tersebut supaya mengetahui kemampuan perusahaan dalam membuat arus kas.

Untuk Mengetahui Laba Bersih

Laba bersih dapat diketahui dari arus kas yang keluar dan masuk. Laporan uang kas menyajikan banyak sekali hal, terutama di sini mengenai pengeluaran dan pendapatan. Oleh karena itu, di sini Anda dapat mengetahui laba bersih dari perusahaan. Sehingga keuntungan dari sebuah perusahaan nantinya dapat diketahui melalui laba bersih yang terdapat di dalam periode tertentu.

Dengan adanya laporan arus kas, hal tersebut juga akan memudahkan bagi Anda untuk memperoleh pinjaman usaha nantinya. Salah satu platform pinjaman yang bisa digunakan oleh Anda yaitu peer to peer lending. P2P landing adalah platform peminjaman yang banyak sekali digunakan oleh perusahaan dengan skala kecil dan juga oleh UMKM yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.