Kinesio Tape: Manfaat dan Cara Menggunakannya 

Pernah mendengar tentang kinesio tape sebelumnya? Jika Anda gemar menonton tayangan olahraga, barangkali Anda sudah familiar dengan istilah tersebut. Ya, kinesio tape adalah plester yang banyak digunakan oleh para atlet. Plester ini digunakan di bagian paha, punggung atas dan juga lengan bawah. Meskipun demikian, kinesio tape juga bisa digunakan untuk bagian tubuh lainnya.

Nah, pertanyaan yang kerap muncul adalah apa sebenarnya manfaat dari kinesio tape ini dan bagaimana cara untuk menggunakannya? Untuk menjawabnya, simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Kinesio Tape

Seperti disinggung sebelumnya, kinesio tape adalah plester yang banyak digunakan dan seringkali tersedia dalam warna yang berbeda-beda. Tentu, plester yang satu ini memiliki fungsi mirip dengan obat-obatan untuk menangani masalah tulang dan otot. 

Adapun beragam manfaat dari kinesio tape diantaranya adalah:

  • Menciptakan ruang dalam persendian

Salah satu manfaat dari kinesio tape adalah menciptakan ruang dalam persendian. Manfaat ini tentu nantinya akan sangat berguna untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada persendian. Tidak hanya itu, para pakar mengatakan bahwa kinesio tape juga bisa mengurangi dampak buruk dari cedera yang terjadi.

  • Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh

Manfaat lain dari kinesio tape adalah peningkatan sirkulasi darah di dalam tubuh. Dengan menggunakan kinesio tape, otot tubuh yang bermasalah akan menjadi normal kembali. Tentu, pembengkakan yang terjadi di area tubuh yang sakit pun nantinya akan cenderung mereda. 

  • Mengurangi rasa nyeri

Produk kinesio tape bisa dijadikan opsi yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri. Para pakar mengatakan bahwa plester kinesio tape akan memberikan tekanan yang lembut pada area tubuh. Hal inilah yang nantinya akan membuat nyeri yang muncul cenderung mereda.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat dari kinesio tape. Tentu, plester ini memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting seperti meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kinerja atletik. 

Bagaimana Cara Menggunakan Plester Kinesio Tape?

Untuk menggunakan plester kinesio tape, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Bersihkan bagian kulit yang ingin dipasangkan plester kinesio tape termasuk rambut yang ada di permukaan kulit
  • Buka bagian belakang plester kinesio tape dengan hati-hati
  • Setelah itu, terapkan plester kinesio tape pada kulit dengan menyesuaikan pola 
  • Jika posisi kinesio tape sudah pas, maka gosok perlahan untuk memastikan plester melekat dengan baik 
  • Tunggu sekitar 20 menit sebelum melakukan aktivitas yang berat 
  • Selesai

Demikian beberapa hal penting terkait kinesio tape yang perlu Anda ketahui. Tentu, dengan beragam manfaat yang didapatkan darinya, kinesio tape bisa menjadi alternatif obat-obatan untuk mengatasi masalah otot dan sendi terutama untuk melakukan aktivitas berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.